Balitbangda Ketapang Melakukan Koordinasi Penjaringan Inovasi ke Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang

Ketapang – Senin 7/12/2020 Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Ketapang, Rudy, S.Sos., M.Si. melakukan koordinasi penjaringan inovasi di Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang bertemu dengan H. Rustami, SKM., M.Kes selaku Kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang dan H.M. Ikbal, ST., MT selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang. Inovasi merupakan pemasukan atau pengenalan terhadap hal-hal yang baru, atau pembaharuan. Inovasi bertujuan untuk menciptakan kemudahan baru bagi kehidupan manusia melalui penemuan atau perkembangan baru dari ide-ide inovatif yang berhasil diwujudkan dengan baik.

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Ketapang, H. Rustami, SKM., M.Kes (kiri) dan Sekretaris Balitbangda Ketapang, Rudy, S.Sos., M.Si (kanan)

“Untuk mengajukan akreditasi, sebuah puskesmas harus menciptakan sebuah inovasi, itu merupakan salah satu syaratnya. Sampai saat ini sudah ada 19 Puskesmas yang sudah terakreditasi” ucap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang, Rustami, SKM., M.Kes. Artinya ada banyak inovasi yang berasal dari Puskesmas yang berada di Kabupaten Ketapang, karena rata-rata Puskesmas di Kabupaten Ketapang sudah terakreditasi.

Penjaringan inovasi ini menjadi bagian dari program persiapan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Ketapang menuju Innovative Government Award (IGA) 2021 nanti. IGA merupakan kegiatan tahunan yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Litbang Kemdagri. IGA menjadi upaya yang dilakukan kemendagri untuk merangsang pemerintah daerah agar terus berinovasi dengan meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerahnya. Dengan begitu, daerah mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat. (Rn)